Donderdag 06 Februarie 2014

Makalah Keperawanan "SISAKAN PERAWAN UNTUK GENERASI KAMI"


SISAKAN PERAWAN
UNTUK GENERASI KAMI
 























XII.3

Disusun Oleh :

·        Anastasia Novita S
·        Cut Nariati U
·        Dwi Catlhea K. W
·        Ikrima Dinil Q
·        Irma Rossy A
·        Maya Amanda
·        Melati Noviani
·        Nanda Firmansyah
·        Nia Mariana
·        Titin Wulandari
·        Windi Frestiana



SMK-KESEHATAN MULIA KARYA HUSADA ( Keperawatan )
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

JL. M. Kahfi II Gang Mesjid An-Nur RT.04/RW.08
Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan
Telp. (021) 78890740, (021) 98296942 Fax. (021) 78890751

Pengertian
Bagi wanita, keperawanan adalah hal yang berharga dan akan dijaga hingga menikah. Namun seiring berjalannya waktu, keperawanan wanita tidak lagi menjadi hal yang benar-benar dijaga. Sudah jadi rahasia umum bahwa banyak wanita yang tidak perawan sebelum menikah, karena memang terlibat pergaulan bebas, atau memang melakukannya atas dasar suka sama suka walau belum menikah.
Banyak orang mengatakan bahwa keperawanan tidak hanya mengenai selaput dara dan tidak menjadi satu-satunya penilaian baik tidaknya seorang wanita, ada banyak faktor lain untuk menilai seorang wanita. Ada juga yang tetap teguh mengatakan bahwa keperawanan wanita adalah hal yang penting untuk di jaga.
Secara fisik, seorang perawan biasanya ditandai dengan utuhnya selaput dara yang berada pada daerah vagina. Dan hilangnya keperawanan biasanya disertai dengan keluarnya darah dari daerah vagina (tergantung bentuk dan ketebalan selaput dara) saat mengadakan hubungan seksual pertama kali. Secara istilah Islami, keperawanan bukan sekadar masih utuhnya selaput dara di vagina, melainkan setiap wanita yang belum pernah melakukan aktivitas-aktivitas seksual
Keperawanan merupakan hal yang sangat penting bagi perempuan karena disitulah letak kesucian akhlak dan kesempurnaan iman. Namun demikian, mari lihatlah bagaimana kenyataan hari ini dimana tidak sedikit perempuan yang menggumbar auratnya yang berharga. Pakaian yang semestinya dipakai anak usia lima tahun semakin digandrungi oleh gadis remaja dan lucunya ibu-ibu pun beramai-ramai mengenakan hal serupa. Bahkan yang paling mengkhawatirkan, tidak sedikit para wanita menyerahkan kepada laki-laki yang bukan suaminya. Mereka tidak akan lagi merasa malu ketika selaput daranya sudah terkoyak sebelum waktunya. Apalagi saat ini telah beredar selaput dara palsu, tentunya mereka akan dengan mudah mengganti dan mengelabui siapa pun

"Jagalah kesucian kalian, karena itu adalah kehormatan seorang wanita. Jagalah hingga tepat waktunya, ketika kalian telah sah bersama seorang pria yang bisa menjaga dan menghormati kalian. Setinggi apa kalian menghormati diri sendiri, setinggi itu jugalah orang lain akan menghormati kalian."
Di dalam  Al-Quran disebutkan :
Seorang laki-laki pezina tidaklah boleh mengawini kecuali perempuan yang pezina pula atau perempuan musyrik. Dan seorang perempuan pezina tidaklah boleh dinikahinya, kecuali laki-laki pezina atau musyrik, dan haram yang demikian itu atas orang-orang beriman” (Surat 24, an-Nuurayat 3).
Juga dalam Surat al-Maidah ayat 51, dijelaskan lagi : “Barang siapa yang berpihak kepada mereka dari kalangan kamu, Maka dia itu telah termasuk golongan mereka.



Pentingkah kesucian/keperawanan itu dipertahankan????
Hasil survey yang didapat dari pertanyaan tersebut dari masyarakat sebagai berikut :
Beberapa hal yang membuat hilangnya keperawanan
·        AKIBAT KECELAKAAN FISIK
Wanita jadi tidak perawan karena mengalami kecelakaan fisik seperti jatuh dari tangga atau dari tempat tempat tertentu yang membawa pada robeknya selaput dara.

·        MENYERAHKAN KEPERAWANAN KEPADA PACAR
Ini adalah kejadian yang paling banyak terjadi. Banyak sebab yang melatarbelakangi masalah ini, misalnya karena alasan bukti cinta, takut kehilangan pacarnya dan juga karena nafsu birahi wanita itu sendiri.

·        KARENA DIPERKOSA
Gadis jadi tidak perawan karena diperkosa oleh orang yang tak bertanggung jawab. Agar hal ini mampu anda hindari maka gunakan pakaian yang sopan, jangan norak atau tampil yang aneh aneh supaya teman atau siapapun tak tergoda dengan penampilan yang anda miliki.

·        KARENA MELAKUKAN MASTURBASI TIDAK AMAN
Gadis tidak perawan dapat terjadi karena ulahnya sendiri. Mungkin dia belum pernah melakukan hubungan badan, tetapi senang melakukan tindakan amoral seperti memasukkan sesautu ke alat kelaminnya.

Manfaat menjaga keperawanan / kesucian
·        Bangga Pada Diri Sendiri
Di saat banyak wanita tidak peduli dengan siapa mereka berhubungan intim. Anda menjaga keperawanan hanya untuk suami anda yang bisa menjaga dan bertanggung jawab dalam hidup anda.

·        Bukti Bahwa Anda Tahan Godaan
Tidak sedikit wanita melepas keperawanan sebagai bukti cinta, padahal hal itu tidak benar. Jika anda berhasil menahan godaan tersebut berarti anda punya prinsip yang teguh.

·        Menjaga Perintah Agama
Semua agama menyarankan agar wanita menjaga kesucian hingga menikah. Menjaga perintah agama menjadi salah satu alasan wanita menjaga dirinya dari godaan dunia, salah satunya berhubungan intim sebelum waktunya.

·        Tidak Dikejar Perasaan Berdosa
Ada pertentangan batin di setiap hati wanita untuk menjaga dirinya. Kadang wanita yang sudah berhubungan intim sebelum menikah, bahkan yang sudah berkali-kali melakukannya atas nama cinta tetap dikejar perasaan berdosa

·        Menjaga Nama Baik Anda dan Keluarga   
Tentunya dengan menjaga keperawanan, kita bisa menjaga nama baik diri sendiri maupun keluarga.

·        Mencegah Kemungkinan Hamil dan Tertular Penyakit
Hingga saat ini belum ada alat kontrasepsi yang menjamin 100% mencegah kehamilan. Jika anda tidak berhubungan intim sebelum menikah, risiko terkena penyakit menular seksual juga lebih kecil.

·        Pasangan Mencintai Anda DenganTulus, Tidak Sekedar Nafsu
Saat anda bisa menjaga keperawanan hingga menikah, berarti pasangan anda dan anda sama-sama menjaga diri hingga menikah, itu bisa menjadi indikasi bahwa cinta anda dan dia tulus, tidak sekedar dorongan nafsu semata.




Tips Cara Mempertahankan Keperawanan Agar Tetap Suci Jadi Perawan

Bertahan untuk tetap menjadi perawan terkadang menjadi sesuatu yang sangat sulit. Dorongan nafsu serta lingkungan sosial mendukung pergaulan bebas dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesuciannya.

·        Menolak Ajakan Mesum, jika lawan jenis baik teman maupun pacar kita mengajak sesuatu yang berbau porno segera tolak dan nyatakan dengan serius bahwa kita tidak menyukainya.

·        Berwibawa dan tegas dalam menjalin hubungan, dari awal sebaiknya buat kesepakatan dengan kekasih pujaan hati bahwa kita tidak ingin ada kegiatan yang berbau mesum. Mesum hanya boleh bebas dilakukan setelah menikah kelak.

·        Perkecil peluang melakukan kegiatan mesum, hindari berada di suatu tempat hanya berdua saja dan lebih baik tetap berada dalam wilayah publik atau yang terpantau oleh orang tua.

·        Memilih pasangan yang baik, carilah pasangan yang benar-benar cinta kepada kita, bukan hanya karena nafsu birahi saja.

·        Bersikap waspada dan cerdas, tetap waspada dalam situasi dan kondisi apapun. Perkosaan dapat terjadi di mana pun dan kapan pun.

·        Bangga menjadi perawan, pergaulan yang salah terkadang menggoyang keyakinan dan budaya kita bahwa tetap menjadi perawan dan perjaka adalah kuno, nggak trendy, katro, gak gaul, gak asyik, payah, jadul, dan lain sebagainya.

·        Jangan ikut-ikutan teman atau trend, kita harus mampu menjadi diri sendiri dan tidak bergantung pada teman-teman kita.

·        Pilih teman yang tidak menjerumuskan dalam bergaul pilihlah yang baik karena mereka tidak akan menjerumuskan anda pada keburukan-keburukan.

·        Menanamkan Nilai-Nilai Sebagai Berikut :
a. Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, seks sebelum pernikahan (pranikah) dan atau berganti-ganti pasangan beresiko tinggi menularkan banyak penyakit berbahaya kepada kita dan keluarga.

b. Dosa Besar, hindari zina dan anda akan bahagia di akhirat kelak.

c. Menikah Dengan Bahagia, dengan tidak melakukan hubungan seks pra nikah anda akan lebih dicintai, dihormati dan dihargai oleh pasangan anda ketika menikah.

d. Seks Bebas = Narkoba = Merokok = Ketagihan, Sekali mencoba ngeseks bebas maka kita bisa terjerumus dalam lubang kenistaan yang dahsyat.

e. Merusak Masa Depan, hamil muda tanpa suami, punya anak haram hasil hubungan gelap / pergaulan bebas, dikanal sebagai orang kotor, dan lain sebagainya merupakan aib bagi kita sendiri dan juga aib bagi keluarga dan orang-orang terdekat kita.

f. Kehilangan Kesucian Adalah Kekalahan, sekali menetapkan tujuan untuk tetap menjaga kesucian, tetap harus dipertahankan dengan keringat dan air mata.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking